Konsep Dasar Pemograman
I.1. Program dan Pemrograman
Kata program dapat diartikan:
- Untuk mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri, yang biasanya disebut source code, yang dibuat oleh programmer.
- Untuk mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.
Secara umum terdapat 4 kelompok Bahasa Pemrograman, yaitu :
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)
Tipe Pemrograman ada 7 macam, yaitu :
- 1. Pemrograman Prosedural
- Pemrograman Terstruktur
- Pemrograman Modular
- Pemrograman Fungsional
- Pemrograman Berorientasi Obyek
- Pemrograman Visual
- Pemrograman Even-Driven
1.2 Kriteria Bahasa Pemrograman
Seorang programmer akan memilih bahasa pemrogramannya jika merasa bahwa bahasa pemrograman tersebut bagus dan mudah untuk digunakanAda beberapa kriteria untuk penilaian suatu bahasa pemrograman, yaitu :
- Clarity, simplicity dan unity
- Orthogonality
- Kewajaran untuk aplikasi
- Kemudahan untuk verifikasi program
- Lingkungan pemrograman
- Portabilitas program
- Biaya penggunaan
Medukung abstraksi
I.3. Data
I.3.1. Objek data
Pengelompokan satu atau lebih potongan data di dalam virtual komputer pada saat run-time disebut objek data.
I.3.2. Tipe Data
Tipe data merupakan suatu kelas objek data dengan kumpulan operasi untuk membentuk dan memanipulasinya. Salah satu perbedaan pokok antara bahasa pemrograman lama (FORTRAN, COBOL) dengan bahasa pemrograman baru (C, C++, ADA) adalah pembuatan tipe data baru (programmer-defined data types).
- Attribute
- Nilai
- Operasi
I.3.2.1. Tipe data dasar
Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman.
a. Tipe data Numerik
Di setiap bahasa pemrograman, dapat dipastikan ada tipe data numerik. Paling umum adalah integer dan riil karena keduanya didukung secara langsung oleh hardware komputer.
- Integer
- Subrange
- Floating-point real
- Fixed-point real
v Lain-lain
- Bilangan kompleks
- Bilangan rational
- Enumerasi :
Enumerasi adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
- Character
Sebagian besar data yang di-input ke dalam komputer merupakan bentuk character.
- Internationalization.
Penggunaan character ASCII yang 8-bit kurang mencukupi sehinggaberkembanglah internationalization yang disebut I18N.
I.3.2.2. Tipe data terstruktur
- Vector dan Array
- Record
- List
- Character String
- Himpunan
I.3.2.3. Tipe data abstrak
Merupakan suatu fasilitas dari bahasa pemrograman yang menampung aspirasi para programmer supaya dapat mempunyai tipe data yang didefinisikan sendiri
1.4 Model Komputasi
Ada tiga model dasar komputasional– fungsional, logika, dan imperatif.
a. Model Fungsional.
b. Model Logika
c. Model Imperatif
1.5. Definisi Sintaks, Sematik, dan Pragmatis
Sintaks : aturan gramatikal atau komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain.Semantik : mendefinisikan arti dari dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.Pragmatis : memperhatikan tentang pemakaian bahasa, area aplikasi, kemudahan implementasi dan penggunaan, dan sukses bahasa didalam desain pelaksanaan tujuannya.
Prinsip Kelengkapan Komputasional
Model komputasional untuk tujuan umum suatu bahasa pemrograman harus universal.
Prinsip Implementasi
Implementasi harus efisien dalam penggunaan waktu dan ruangnya. Prinsip Memprogram harus ditulis dalam suatu bahasa yang mencerminkan daerah masalah.
1 ka 24
Tarmuji
18111092